Tuesday 12 November 2013

Teluk Jailolo Keindahan Tersembunyi di Halmahera Barat

Teluk Jailolo Keindahan Tersembunyi di Halmahera Barat

Jailolo atau dalam bahasa setempat juga disebut Gailolo ternyata adalah nama lain dari Pulau Halmahera Barat yang berada di Provinsi Maluku Utara. Di sini, karya terbesar Tuhan sang pencipta diperlihatkan. Tidak berlebihan jika banyak yang bilang Jailolo adalah salah satu sudut surga di Indonesia.

Jailolo memiliki banyak teluk yang dikelilingi pemandangan luar biasa. Alamnya masih asri, dan memiliki daya tarik tinggi untuk siapapun. Salah satu teluk yang dikenal disana adalah Teluk Jailolo, yang terletak di antara pulau Ternate, Tidore, dan Pulau Halmahera.


Di Halmahera Barat dihuni oleh penduduk yang beraneka ragam suku, baik suku asli maupun suku pendatang, seperti suku Sahu, suku Wayoli, suku Gorap, suku Loloda dan Suku Gamkonora.
Sementara suku pendatang yang mendiami Halmahera Barat yaitu suku Sangier, suku Makian, suku Ambon, suku Tidore, suku Jawa, dan suku Gorontalo.

Selain sukunya yang beraneka ragam, Halmahera Barat juga kaya akan potensi wisata dan budaya yang tidak diragukan lagi dan tak kalah eksotisnya dengan tempat-tempat wisata lain yang berada di Timur Indonesia.

Teluk Jailolo Keindahan Tersembunyi di Halmahera Barat
Keindahan bawah laut Halmahera Barat

Halmahera Barat termasuk dalam kawasan coral triangle dunia yang memiliki potensi alam bawah laut yang beragam serta menjadi salah satu destinasi wisata minat khusus untuk para penyelam (diving). Selain itu, Halmahera Barat juga memilki potensi sebagai destinasi wisata sejarah karena zaman kolonial terkenal sebagai sumber wisata rempah-rempah dunia.






acara horom sasadu
Selain tempat yang indah dengan pesona alam di Teluk Jailolo ada hal yang menarik yaitu Festival Budaya Teluk Jailolo. Festival teluk jailolo ini merupakan festival budaya tahunan yang didukukng oleh pemerintah daerah dan departemen pariwisata.
Keunikan dari festival ini yaitu akan di tampilkan acara yang bernama Horom Sasadu. Ada tiga hal menarik dalam Horom Sasadu. Semua orang yang terlibat dalam acara akan terus makan, namun mereka tdiak pernah kenyang, mereka terus menari dan bernyanyi tanpa lelah dan kantuk. Bahkan kuat tidak tidur berhari-hari, mereka juga minum minuman tradisional, tapi tidak pernah membuat mereka mabuk.


Transportasi

Anda dapat menuju Teluk Jailolo dengan perjalanan selama tiga jam penerbangan dari Jakarta menuju Ternate. Alternatif lain dengan penerbangan melalui Makassar atau Manado menuju Ternate.
Dari Pelabuhan Dufa-dufa di Kota Ternate, Anda lanjutkan perjalanan melalui jalur laut dengan menggunakan speed boat selama 40 menit.

Akomodasi

Di kawasan Teluk Jailolo hanya terdapat 18 hotel kelas melati, namun masyarakat sekitar menyediakan homestay. Dengan hal ini para wisatawan dapat lebih merasakan suasana desa yang lebih alami.
Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

1 comment:

  1. Pulau Halmahera emang ada diujung banget yaa? tapi indahnya itu loh, bikin takjub banget dah! apalagi buat yg suka banget sama diving, disini nih salah satu spot diving keren yg Indonesia punya

    ReplyDelete